Tips Menjadi Pemain Basket Posisi Point Guard!

Hasil gambar untuk allen iverson crossover

Hai sobat!, kembali lagi dengan saya di Boku No Basuke, kali ini saya akan membahas tentang Tips Menjadi Pemain Basket Posisi Point Guard.

         Point guard adalah posisi dalam permainan bola basket dimana pemain di posisi tersebutlah yang paling mengontrol timnya. Point guard harus bisa mengamati pemain pemain yang ada di timnya agar bisa melakukan offense dengan tingkat keberhasilan tinggi. Keberhasilan offense tergantung pada bagaimana Point Guard mengatur jalannya permainan.

Berikut adalah bagaimana cara menjadi Point Guard yang baik.


1. Dribble / Handle

Dengan  dribble yang bagus, point guard mampu mengontrol bola kemanapun yang dia mau, melakukan crossover yang mematikan bahkan Ankle Break. Sambil mendribble bola Point Guard bisa mengamati transisi pemain tim anda lalu melakukan passing sesuai keinginan PG.

Untuk menambah kemampuan handle, and bisa melakukan latihan seperti pada video ini :





2. Fisik

Fisik yang bagus selalu dibutuhkan pada cabang olahraga manapun, salah satunya olahraga basket. Posisi point guard adalah posisi yang paling melelahkan dari posisi basket lainnya, point guard melakukan dribble paling banyak, mengamati permainan sekaligus mengaturnya dan paling banyak bergerak kesana kemari. Oleh karena itu Point Guard harus memiliki kondisi fisik yang bagus dalam pernapasan maupun otot.


3. Shoot

Selain mengatur jalannya permainan dan passing, point guard juga harus bisa finishing dribble dan shooting. Bagaimana jadinya apabila rekan tim tidak bisa di passing, dan anda yang memegang bola? jawaban yang paling tepat adalah anda harus bisa melewati atau mengecoh musuh lalu release bola kedalam ring basket. Anda bisa mengkombinasikan crossover lalu shoot atau crossover lalu lay up.


Berikut adalah drills untuk point guard yang bisa anda coba.





Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, jika ada kekurangan mohon dimaafkan :)

Share on Google Plus

About Wibu Ikemen

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar dengan menggunakan kata kata kotor